Sunday, August 22, 2010

Daftar LSM di Sumater Barat

Sejak saya bekerja di sebuah jaringan LSM di Sumatera Barat (KPMM 2004-2009) hingga sekarang, saya mengenal beberapa LSM lokal yang ada di Sumatera Barat. Kondisi LSM ini macam-macam, ada yang masih aktif dan berkiprah sampai sekarang, ada yang "hidup segan, mati tak mau", ada yang tidak jelas lagi bagaimana kabarnya. Badan hukum, fokus intervensi dan pola kerjanya juga bermacam-macam. Untuk itu bagi anda yang ingin menyusuri lebih jauh tentang LSM ini, tulisan singkat ini tidak akan menguraikannya, silakan cari sumber lain yang bisa anda percaya. Saya juga tidak mengkategorikan daftar LSM yang saya ketahui, tapi hanya berdasarkan pengamatan pola kerja mereka (walau ada yang tidak mengaku sebagai LSM). Daftar dibawah juga disusun secara acak.

Daftar LSM itu diantaranya adalah:
1. Yayasan Citra Mandiri (YCM)
2. LP2M
3. Totalitas
4. LBH Padang
5. SCEDEI
6. PKBI Sumbar
7. P3SD
8. Qbar
9. LBH Padang
10. LBH Pers Padang
11. PAHAM Sumbar
12. PKPU Sumbar
13. LIMBUBU
14. Garda Era
15. Kabisat Indonesia
16. Jemari Sakato
17. PBHI Sumbar
18. Pusaka
19. Nurani Perempuan
20. Kogami
21. Koalisi Perempuan Indonesia - Sumbar

Selain daftar LSM itu, ada juga jejaring LSM di Sumatera Barat yang dibentuk oleh beberapa LSM yang telah disebutkan di atas. Jaringan ini ada yang permanen, ada yang juga yang sifatnya cair dan sporadis yaitu:
1. KPMM
2. Walhi Sumbar
3. Masyarakat Anti Korupsi
4. Lumbung Derma
5. PALAM
6. Masyarakat Anti Ilegal Logging.

Mungkin masih ada nama-nama lain, yang baru berdiri atau membuka cabang di Sumatera Barat setelah gempa 30 September 2009 yang melanda Sumatera Barat. Bagi yang merasa ada nama LSM atau jaringan LSM yang belum tercantum di sini, mohon maaf dan silakan konfirm kalau ingin dicantumkan.Daftar LSM di Sumatera Barat yang saya tulis ini tidak ada untuk maksud apa-apa. Bagi yang ingin memanfaatkan, dengan senang hati saya persilakan. Bagi yang ingin bertanya lebih lanjut, silakan tinggalkan pesan atau kirim email ke saya.

This post has 4 comments:

LPPKAN said...

harap cantumkan LSM LPPKAN

bergerak dalam pemberdayaan masyarakat kanagarian, dlm membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup

Nanang said...

Terima kasih pak/bu, dengan menyebutkannya di komentar anda berarti nama LSM anda sudah disebut di sini. Singkatan dari apa itu pak/bu?
Terima kasih

dnie said...

mohon informasi sekretariat LSM LPPKAN ...

email: deni_m_taufik@yahoo.com

Unknown said...

Dear warga minag yg saya cintai dan banggakan , seiring adat yg slalu kita jungjung tinggi dengan video di bawa sini , teiris rasa sakit hati yg mendalam , saya berdarah asli minang yg bertempat tinggalkan di tangerang , mendapat kan BROADCAST di kontak bbm saya , mohon skali untuk di usut kejelas video ini

"sangat miris melihat nya kelakuan kelas 4 SD melakukan hal yg tak senonoh di depan teman teman nya sendiri. buka link nya. https://scontent-b-kul.xx.fbcdn.net/hvideo-xap1/v/t42.1790-2/10696109_293912077477405_806985078_n.mp4?oh=d0fd5175cb780cc36a2b70a0c6278b27&oe=54394F05 saya ingin vidio ini sampai ke kepolisian sumbar dan di tindak lanjuti oleh badan perlindungan anak.mari kita bantu BC"

LSM / NGO INDONESIA UNTUK PENGUATAN MASYARAKAT SIPIL INDONESIA © 2008 Template by Dicas Blogger | Development Job | Nanang | Wayoi | Island Vacation | Hotel | Indo Lawyer.

TOP