Friday, April 10, 2009

Cara Mendirikan LSM

Dalam era reformasi yang menjamin kebebasan berpendapat, berserikat dan berkumpul saat ini, masih banyak yang bertanya bagaimana cara mendirikan LSM. Seperti mendirikan organisasi pada umumnya, hal penting yang mendasari pendirian LSM adalah para pendirinya harus memiliki visi dan tujuan yang sama tentang kondisi masyarakat atau negara yang diinginkan. Misal masyarakat/negara yang menghormati, memenuhi dan melindungi HAM; toleran dan mengakui kemajemukan/plural; kuat dan mandiri secara ekonomi; masyarakat adat yang kuat dan mandiri; hutan dan ekosistem yang terjaga; pemberantasan korupsi; pendidikan yang merata dan murah; parlemen/pemerintahan yang bersih dan berwibawa; dan lain-lain.

Jika ingin mendirikan LSM untuk mencapai Visi ini tentunya harus diikuti dengan kehendak bersama (bukan orang pribadi) untuk berserikat dan berkumpul dalam satu wadah organisasi. LSM yang benar tidak pernah didirikan hanya oleh satu orang namun soal ide bisa saja muncul dari satu orang. Jika kesamaan pandangan, visi dan kehendak untuk berorganisasi sudah ada, maka beberapa orang tersebut bisa membuat nama LSM yang ingin mereka dirikan, memilih badan hukum apakah Perkumpulan atau Yayasan (baca juga tulisan: Badan Hukum Untuk LSM), membentuk struktur, mendaftar ke notaris, dan sebaiknya daftarkan juga ke pemerintahan daerah setempat (bagi sebagian LSM advokasi, mendaftar ke pemerintah daerah kadang dihindari).

Selanjutnya, tentu saja menjalankan LSM yang baru didirikan. Rumuskan program sesuai visi misi awal. Namun akan lebih baik jika di awali dengan perumusan rencana strategis atau strategic planning. Dari sana akan jelas program dan kegiatan yang ingin dilaksanakan. Karena LSM bukanlah organisasi profit, program yang telah disusun perlu dukungan pendanaan. Tapi ingat, pendanaan ini bukan untuk pendiri dan pengurus LSM, namun semata-mata untuk program yang akan dijalankan dan biaya operasional yang hitungannya pantas untuk itu. Tentang sumber pendanaan LSM bisa dibaca di tulisan berjudul: Sumber Dana LSM

Hal penting lainnya untuk diingat dalam mendirikan LSM adalah motivasi para pendirinya. Jangan heran melihat ada LSM yang didirikan hanya untuk mendapatkan peluang proyek (terutama dari pemerintah), untuk memeras pihak-pihak tertentu, untuk menjaga kekuasaan atau melindungi kepentingan seseorang atau kelompok, sebagai batu loncatan meraih posisi politik tertentu, atau yang terang-terangan untuk mencari kekayaan melalui LSM. LSM-LSM seperti ini ada karena motivasi yang salah dan sudah sangat melenceng dari hakikat LSM itu sendiri. Banyak organisasi yang berkedok LSM untuk maksud-maksud yang tidak baik dan ini sudah menjadi masalah umum di Indonesia. Makanya jika anda ingin mendirikan LSM, awali lah dengan niat untuk maksud yang baik demi pembangunan sosial dan kepentingan masyarakat luas. Ingat, LSM bukan mata pencarian, juga bukan untuk menambah daftar Curiculum Vitae!

This post has 0 comment

LSM / NGO INDONESIA UNTUK PENGUATAN MASYARAKAT SIPIL INDONESIA © 2008 Template by Dicas Blogger | Development Job | Nanang | Wayoi | Island Vacation | Hotel | Indo Lawyer.

TOP