Wednesday, December 3, 2008

Buku: Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga Nirlaba Sejenis

akuntansi keuangan yayasan dan lembaga nirlaba sejenisBerikut ini kutipan dari pengantar buku Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga NIrlaba Sejenis yang terdapat di halaman belakang buku ini. Jika anda tertarik dengan buku ini silakan cari di toko buku terdekat (bukan promosi lho :p). Karena kebanyakan LSM menggunakan badan hukum Yayasan, buku ini penting untuk dibaca oleh kalangan LSM.
----------------------
Era reformasi telah membawa peran yayasan atau lembaga nirlaba yang digerakkan oleh masyarakat sendiri menjadi semakin penting. Hal ini secara simultan terutama terjadi karena semakin menyusutnya dana yang tersedia di anggaran pemerintahu untuk mengatasi masalah-masalah dalam masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, masyarakat menuntut diterapkannya good governance yang baik pada yayasan. Pada pelaksanaannya, prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas harus dapat dibuktikan.

Akuntansi sebagai salah satu alat untuk menghasilkan informasi yang berkaitan dengan keuangan lembaga dapat mendorong keterbukaan lembaga. Dengan sistem dan prosedur keuangan yang terstruktur, lembaga dapat dengan mudah memenuhi tuntutan transparansi kepada stakeholder-nya. Pelaporan yang tepat waktu dan diikuti kualitas informasi yang tinggi pada satu sisi dapat mendorong kertebukaan, sedangkan pada sisi lain justru menjadi umpan balik kepada internal lembaga. Manajemen lembaga dapar memperoleh masukan dalam menjalankan roda lembaga ke depan.

Buku ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan dalam upaya memajukan keterbukaan yayasan dalam perspektif keuangan. Dengan adanya buku ini, dapat menjembatani pengaturan yang teknis dalam PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) ke dalam aspek praktis pengelolaan aspek keuangan nirlaba.

This post has 0 comment

LSM / NGO INDONESIA UNTUK PENGUATAN MASYARAKAT SIPIL INDONESIA © 2008 Template by Dicas Blogger | Development Job | Nanang | Wayoi | Island Vacation | Hotel | Indo Lawyer.

TOP